Cara Mudah Foto Model

Jumat, 28 Maret 20142komentar


Kali ini kita bertemu lagi nih di artikel fotografi, disamping blogger aku juga pengen nih berbagi ilmu soal fotografi ke teman blogger sekaliann , biar kita juga bisa menguasai berbagai bidang walaupun hanya sedikit.

Nah seperti apa yang akan aku bahas ni disini, banyak orang yang berminat di bidang fotografi khususnya model. Banyak orang asal-asalan foto sana sini dengan berbagai cara mereka yang belum tentu benar. Nah maka dari itu aku mau share nih ilmu apa yang aku dapet dari pengalaman serta apa yang aku pelajari tentang foto model dikamopus, ataupun dari sumber lain

1. Membuat objek kita untuk bisa tersenyum dikamera
Pastikan model kamu dalam kondisi yang memungkinkan atau kondisi di mana dia memiliki mood untuk foto model. soalnya sangat berpengaruh pada ekspresi yang akan dia tampilkan di depan kamera. Seumpama memang model kamu sedang lelah atau pun kurang mood mungkin kamu harus memberi dia waktu istirahat dan usahakan ketika istirahat jalin interaksi yang baik dengan dia agar dia rileks dan nyaman namun jangan buat dia tertawa berlebihan karena ini kan menyebabkan mata dia akan menjadi joling dan aliran darah lebih banyak ini juga akan menganggu konsentrasi serta ekspresi wajah si model itu sendiri. Sebaiknya mengambil banyak foto dengan ekspresi yang berbeda agar kita lebih bisa memilih foto mana yang menurut kita itu paling bagus.

2. Menangani orang yang memakai kaca mata
Jika modelmu memakai kacamata biasanya akan ada pantulan cahaya yang nampak di LCD ataupun viewfinder kameramu maka dari itu mintalah agar si model menggerakan sedikit kepalanya agar tidak ada pantulan di kacamatanya. Hindari posisi keala yang terlalu menunduk karena ini akan menimbulkan lipatan pada dagunya. Hal ini jika terjadi akan mengurangi kesan elegan pada foto tersebut.

3. Menentukan pakaian dan penampilan
Jika anda memotret sekelompok orang maka arahkan agar mereka menggunakan warna yang enak dilihat atau malah kalu bisa warna pakaian yang mereka pakai seirama atau seragam . Nah jika kamu mau foto seseorang maka lihatlah orang tersebut jika orang itu besar menurut saya sebaiknya menggunakan pakaian yang berwarna gelap. Namun jika objek anda adalah seseorang yang berbadan kurus makan sebaliknya gunakan pakaian berwarna terang. Nah jika objek anda bertema rapi seperti harus berdasi perhatikan juga dasi harus lurus apalagi soal kerapian rambut banyak fotografer pemula kurang memandang hal ini. Karena biasanya kerapian rambut kurang terlihat contoh beberapa helai rambut tyang mencolok alias tidak rapi mungkin dimata kita kurang nampak, namun hal itu akan terlihat di kamera kita. Dan jika seorang wanita kamu harus erhatikan betul bagaimana make up yang dia gunakan apakah sudah pas ataupun berlebihan

4. Yang harus di perhatikan dalam foto indoor
Kalau kamu mengambil foto dalam ruangan (indoor) kamu bisa persilahkan modelmu untuk duduk dikursi, sofa, ataupun duduk di suatu tempat tergantung konsepmu usahakan backgound yang digunakan erwarna cerah agar terlihat lebih hidup hasil fotomu. Kamu juga bisa mengatur backgoundnya untuk menunjukan aktivitas yang dia lakukan seperti menaruh buku atau mesin jahit ,meja dll

5. Yang harus di perhatikan dalam foto outdoor 
Ketika kamu ingin mengambil foto di luar ruangan (outdoor) alangkah wajibnya kalian harus memperhatikan backgroundnya pilihlah background yang aman seperti pohon, tembok, pagar kayu, ataupun tanaman bungan dan tanaman hias lainya. Hindari background dengan suasana sibuk seperti jalan raya, pasar, kabel listrik pokoknya dalam lingkup sibuk lebihh baik dihindari.


6. Komposisi foto yang tepat 
Usahakan menyisakan sedikit jarak dari objek kamu. Nah jarak ini digunakan untuk jaga-jaga mebuat  bingkai pada foto tersebut untuk mengindari tertutupnya objek ketika dibuat bingkai. Posisikan mata atau wajah objek anda pada posisi sepertiga atas atau samping dan bawah ada foto anda. Dalam ilmu fotografi hal ini sering disebut dengan sebutan "rule of thrids". Kamu juga bisa  menaruh mata dibagian tengan foto kamu.

7. Menetukan posisi atau sikap dari model
Usahakan dan pastikan model kamu dalam kondisi yang rileks dan nyaman pada posisi duduk, berdiri, ataupun berbaring. Seumpama bentuk wajah model kamu terlalu bulat mintalah modelmu untuk sedikit memutarkan kepalanya ataupun badannya sehingga hanya sebagian wajah atau badanya yang terkena cahaya sehingga akan terlihat lebih ramping. Perhatikan juga posisi tubuh yang lain seperti, tangan, kaki, jangan lupa kondisikan tubuh objek pada kondisi yang alami atau natural. Bisa di coba juga model kamu dalam kondisi memegan sesuatu agar terlihat sedang melakukan aktifitas agar terlihat lebih alamiah. Jangan biaska atau mebiarkan tangan pada posisi lurus kebawah atau kesamping. Ini akan mebuat hasil foto terlihat kaku dan kurang alami.

8. Memperhatikan pencahayaan
Pada saat kamu mengambil foto diluar ruangan, saat terbaik adalah sore atau pagi hari, karena suasana dan udara sekitar lebih tenang dan warna cahaya yang dihasilkan dari matahari juga lebih hangat. Hindari cahaya yang berlebihan karena ini akan membuat mata model menjadi sipit. Jika memang matahari terlalu terik atau terlalu banyak cahaya. lebih baik model membelakangi matahari, tapi hal ini akan membuat model terlihat gelap, oleh karena itu hal ini bisa dihindari dengan menggunakan flas atau dengan cara memantulkan cahaya dengan menggunakan reflector. Jika kamu berada didalam rungan dan kekurangan cahaya kamu bisa mengambil keputusan untuk foto didekat jendela usahakan cat tembok berwarna putih atau cerah , karena ini akan membuat flash atau blitz memantul dan memperkuat pencahayaan pada hasil foto.
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

28 Maret 2014 pukul 23.24

makasih kakak artikel nya bermanfaat banget. Jadi bisa belajar jadi model juga hehehe

29 Maret 2014 pukul 00.04

ahahah iya kak sipp besok bisa deh jadi modelku hehehe

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | GoBlognya | Goblognya
Copyright © 2014. IndieGoBlognya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by GoBlognya
Proudly powered by GoBlognya