Pengertian White Balance Pada Kamera DSLR

Jumat, 28 Maret 20142komentar






Edisi fotografi lagi kawan. Kali ini aku mau bahas soal setting white balance pada kamera dslr. Ini penting banget di pahami oleh seorang fotografer agar hasil fotonya maksimak dan memiliki kualitas yang bagus. Sebelum kamu tau cara setting dan kegunaan white balance kamu harus tau apa itu white balance. White balance adalah pengaturan dalam kamera supaya mengenali temperature cahaya yang ada. Supaya warna yang dihasilkan lebih riil contohnya jika sebuah kertas warna kuning di foto tetap terlihat kuning, yang utih tetap terlihat putih dan seterusnya. Ada beberapa settingan white balance yang harus kalian pahami kegunaannya yaitu:


1. Auto
kamera akan bisa menebak temperatur cahaya dari sistem yang ditanam oleh pembuat kamera. Ini bisa digunakan dalam beberapa situasi biasanya banyak digunakan oleh pemula. Namun ada beberapa kondisi yang memang tidak bisa menggunakan settingan ini contohnya untuk memotret sunset/sunrise

2. Tungsten
ini disimbolkan dalam bentuk ikon lampu bohlam. Karena settingan ini cocok untuk digunakan dalam ruangan yang menggunakan pencahayaan dari lampu bohlam.

3. Flourescent
Ikon dari settingan digambarkan dengan bentuk lampu neon, nah settingan ini digunakan untuk memotret dalam rungan yang pencahayaanya menggunakan lampu neon.

4. Daylight
Disimbolkan dengan ikon matahari. nah settingan ini digunakan untuk memotret dalam kondisi tempat siang bolong atau dalam sinar matahari yang terik.

5. Cloudy
simbol ikonnya dengan gambar awan. Nah settingan ni digunakan untuk memotret diluar ruangan dengan kondisi awan mendung.

6. Flash
Disimbolkan dengan gambar kilat, settingan ini digunakan jika kamu memotret dengan lampu flas ( strobe) lebih baik gunakan settingan ini.

7. Shade
Biasa disimbolkan denga gambar rumah atau pohon, nah settingan ini baik untuk digunakan saat memotret dalam kondisi dalam ruangan (siang hari) atau kamu sedang berada didalam daerah bayangan tidak dengan sinar matahari langsung.


Share this article :

+ komentar + 2 komentar

28 Maret 2014 pukul 23.40

wahh baru ngerti nih soal white balance. makasih ilmunya kakak

29 Maret 2014 pukul 00.02

iya kak sama-sama , makasih juga udah baca http://goblognya.blogspot.com/2014/03/pengertian-white-balance-pada-kamera.html?showComment=1396075247016#c5147499062833573786. kunjungi yang artikel lainnya juga ya kak

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | GoBlognya | Goblognya
Copyright © 2014. IndieGoBlognya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by GoBlognya
Proudly powered by GoBlognya